Live Highlights :

Cara Membuat Website Mudah dan Gratis

Jumat, 06 Juli 2012

Dahulu kita masih sangat asing sekali dengan yang namanya website, akan tetapi sekarang dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, pertumbuhan minat sobat-sobat terhadap dunia informasi teknologi (IT) sangat pesat. Perguruan tinggi terkemuka sampai cap kecoak semuanya menawarkan jurusan informatika, dan di lingkungan PTN informatika masuk dalam jajaran grade yang tertinggi mendampingi kedokteran umum dan teknik. Sekarang mari kita belajar bersama bagaimana membangun website dari awal bagi pemula, pastinya termasuk saya pribadi. Begitu beragam website yang sering kita lihat, ada yang sangat kompleks fungsinya dan ada juga yang lebih menonjolkan estetika. Tapi yang pasti kembali lagi pada kegunaan yang diinginkan oleh pengembang website.

Apa aja yang perlu disediakan sebelum membuat website, saya coba akan menguraikan cara membuat website dengan mudah dan gratis:

1. Domain
Domain adalah nama dari situs yang akan kita punya, misal detik.com, kompas.com, dan sejenisnya. Domain dapat kita beli di situs penyedia domain, di Indonesia banyak sekali tinggal search aja di google “beli domain”, pasti banyak jasa-jasa yang menawarkan domain dengan harga yang bervariasi. Tapi kalau saya biasanya beli di godaddy.com, merupakan penyedia domain kelas dunia, saya punya 40-an domain di godaddy, kecuali yang ini nih saya mencoba pake yang gratisan. Domain tuh kayak kontrakan, setiap tahun harus diperpanjang. Di godaddy harganya kisaran $7-15 untuk domain baru, tapi kalo perpanjang sekitar $8-10, tapi pakai kode untuk memperoleh diskon. Cari aja blog-blog yang menyediakan coupon godaddy, gratis kok. Jenis domain tuh sangat variatif, sobat bisa pilih yang embel-embelnya .com, .net, .org, .info, .us, dll. Domain gratis juga ada, biasanya belakangnya .co.cc.

2. Web Hosting
Web Hosting merupakan tempat untuk menyimpan data-data website yang kita punya. Data yang tersimpan akan selalu online terus, tidak boleh mati sedetikpun. Karena kalau mati/down, pengunjung tidak akan bisa mengakses website kita. Tampilan website tidak akan tampak di layar computer pengunjung. Oleh karena itu penting sekali buat kita memilih hosting yang handal dan canggih. Saya mempercayakan jasa ini ke Hostgator, menurut ku sih ini salah satu hosting terbaik di dunia, berlokasi di Amerika. Tapi memang ada harga, ada jasa yang bagus, karena harga agak mahal dibandingkan yang lainnya. Bisa juga memakai hosting local, tetapi secara kualitas biasa aja, malahan pernah down beberapa hari. 

Sobat juga bisa beli sendiri server untuk penyimpanan data website, pastinya lebih mahal lagi daripada sewa hosting. Sewa hosting juga tergantung kapasitas memory dan bandwicth. Saya pribadi pernah ditegur oleh pihak Hostgator karena memorynya penuh dan bandwitch habis, jadi seluruh domain saya mati semua. Harusnya saya membeli paket yang spesifikasinya lebih tinggi daripada yang dibeli sekarang. Tapi tak apalah, itung-itung pengalaman dalam menjalankan bisnis online.

3. Pengetahuan akan file web
Banyak sekali bahasa pemrograman yang harus dikuasasi untuk membangun website, ada HTML, PHP, atau yang terkenal saat ini menggunakan CMS. Kalau kita membangun webstie maka kita harus membuatnya secara off line dahulu, setelah semuanya kelar, baru kita publish ke hosting. Tapi yang paling mudah, jika kita menggunakan CMS. CMS yang tersedia sekarang banyak banget, ada yang berbayar ada yang gratis. Saat ini yang gratis dan kualitas atas adalah Wordpress dengan fitur-fitur yang saya rasa sudah cukup lengkap lah. Sudah memenuhi batas minimal sebuah blog yang berkualitas. Dan mungkin menurut saya saat ini lebih banyak orang yang pake wordpress dalam mengembangkan blog mereka. Sehingga perkembangan CMS ini sangatlah pesat, baik template, plugin, dan beragam fitur bisa dengan mudah dicari bagi pemula seperti saya. 

Cukup sekian sobat penjelasan tentang website, saya kira ini sebagai dasar pengembangan website. Untuk lebih ahli lagi silahkan berkunjung ke forum-forum yang memang khusus membahas tentang pengembangan website yang disediakan oleh para pakarnya website, dan Indonesia merupakan gudangnya para ahli website.

LINK to WATCH THE GAME

 
© Copyright Berani Baca 2010 -2013 [La Liga Spain]
Footstrim - Digitalaser - Blue Moon - Olaguide - Greek Says - Eagle Home - Kanhoorx - Love Goal - Hot Goal - Witchygodmother - Modernorthoprax