Live Highlights :

Cara Membuat Donat ala JCO

Minggu, 08 Juli 2012

Donat banyak sekali kita jumpai di mall, restoran, toko, maupun penjual gerobak dorong, karena memang sudah menjadi jajanan yang lazim ditemui di pasaran. Sekarang banyak sekali brand-brand donat baik lokal maupun luar negeri yang mencari pangsa pasar di Indonesia. Masyarakat kita sangat gemar sekali mengkonsumsi donat, salah salu brand donat terkenal saat ini adalah JCO. Harga yang ditawarkan bekisaran tujuh sampai sepuluh ribu rupiah, mungkin bagi sebagian masyarakat kita masih menjadi jajanan yang lumayan mahal. Bayangkan aja besarnya tidak seberapa tapi harganya sama seperti semangkok bakso atau mie ayam. Ada juga brand lokal, tapi secara kualitas rasa masih kalah dengan brand luar negeri, prinsip ada harga ada rasa sangat berlaku.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan cara membuat donat ala JCO, agar pembaca lebih hemat namun tetap puas merasakan kenikmatan donat bikinan sendiri dengan rasa luar negeri. Resep mahal yang pernah sobat temui, maka jangan lupa untuk bookmark artikel ini. Tidak usah panjang lebar, berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat donat lokal rasa dunia.

Bahan pertama yang perlu dipersiapkan berupa:

- Tepung terigu cap cakra sebanyak 850 gram, atau jika menggunakan merk lain tepung terigu Komachi dari Jepang
- Ragi instant sebanyak 30 gram
- Garam sebanyak 10 gram
- Air matang sebanyak 600 ml, jika menggunakan tepung terigu cap cakra kurangi air sebanyak 75-100ml)

Setelah itu siapkan bahan kedua yang meliputi:

- Tepung terigu cap cakra atau merk komachi sebanyak 200 gram
- Garam sebanyak 10 gram
- Susu bubuk sebanyak 60 gram
- Gula pasir sebanyak 125 gram
- Telur ayam sebanyak 100 gram
- Mentega putih atau shortening sebanyak 125 gram

Bagaimana cara mengolahnya, perhatikan tahapan-tahapan yang kami uraikan di bawah ini:
1. Aduklah bahan pertama secara merata, lalu diamkan hasil adukan tadi kurang lebih 90 menit di wadah adonan yang tertutup.
2. Tahap berikutnya campurlah adonan pertama dengan yang kedua, lalu uleni sampai benar-benar kalis kurang lebih selama 10 menit, setelah itu diamkan hasil campuran dalam wadah tertutup selama 15 menit.
3. Adonan tadi dibuat tipis-tipis setebal 1 cm, pastinya dengan alat gilas. Lalu diamkan selama 10 menit. Selanjutnya cetak adonan dengan alat cetakan yang berbentuk donat, kemudian kembali diamkan 10 menit.
4. Setelah proses di atas dijalani semuanya, lalu goreng adonan yang sudah dicetak dalam minyak padat dalam kondisi api yang kecil sampai warnanya kuning kecoklat-coklatan.
5. Lalu tiris, tunggu sampai dingin, kemudian kasih topping sesuai selera sobat sekalian.

Jadi deh donat ala JCO yang pastinya lezat, murah, sehat, dan nikmat. Apalagi disandingkan dengan secangkir kopi atau es mocca. Super yummy…!

LINK to WATCH THE GAME

 
© Copyright Berani Baca 2010 -2013 [La Liga Spain]
Footstrim - Digitalaser - Blue Moon - Olaguide - Greek Says - Eagle Home - Kanhoorx - Love Goal - Hot Goal - Witchygodmother - Modernorthoprax