Live Highlights :

Menu Makanan Sehat

Rabu, 25 Juli 2012

Makanan Sehat
Makanan Sehat
Menu Makanan Sehat - Kualitas makanan menjadi salah satu kebutuhan terpenting manusia. Terkadang kebutuhan makan tercukupi hanya sebatas ketika perut telah kenyang, namun tidak memperhatikan sejauh mana kualitas gizi makanan. Tanpa terasa kebutuhan tubuh akan asupan makanan yang baik tidak terpenuhi. Kondisi seperti ini rentan berakibat pada lemahnya kondisi fisik, akhirnya kesehatan dikorbankan sekedar untuk mengisi perut yang sedang kosong. Mungkin untuk dampak jangka pendek belum begitu terasa, namun lambat laun semakin menumpuknya bibit penyakit yang ada pada tubuh dapat berakibat sakit permanen. Hal ini tidak disadari sepenuhnya oleh kebanyakan orang, namun efeknya ketika umur semakin bertambah, tubuh semakin renta, kekebalan tubuhpun semakin menurun, walhasil penyakit bertubi-tubi menyerang bahkan bisa berakibat pada komplikasi. Kondisi seperti ini sering terjadi di tengah-tengah masyarakat dan harusnya menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam memenuhi kebutuhan asupan makanan bagi tubuh.

Porsi dan Frekuensi Makan

Menu makanan sehat berkaitan erat dengan porsi makanan dan frekuensi makan, meskipun secara ilmiah tidak ada standar yang mengharuskan kita sebaiknya makan berapa kali dalam sehari. Penetapan 3 kali sehari layaknya apa yang kita ketahui saat ini, merupakan sekedar kebutuhan dunia bisnis supaya para pekerja dapat berisitirahat sambil makan. Pada prinsipnya yang lebih memahami kebutuhan makan adalah pribadi masing-masing. Ketika mengharuskan untuk makan, maka tanpa menunggu waktu makan, kita harus memenuhi kebutuhan itu. Berdasarkan aspek kesehatan, sering makan dengan porsi yang sedikit lebih baik daripada jarang namun langsung dengan porsi yang banyak. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan energi tubuh yang digunakan untuk beraktifitas dalam kesehariannya.

Variasi Makanan

Selain itu, menu makanan sehat berhubungan pula dengan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan makanan yang bergizi menjadi prioritas utama untuk menjaga stabilitas kesehatan tubuh, apapun itu makanannya. Asupan makanan yang kita makan minimal harus memenuhi fungsi sebagai sumber energi, pengatur, dan pembangun.

Jenis makanan sebagai sumber energi pada umumnya mengandung karbohidrat, semisal padi, ketela, gandum, tepung, dll. Jenis makanan tersebut satu dengan yang lainnya bisa saling menggantikan. Apabila kita tidak bisa makan nasi, maka bisa diganti dengan roti.

Jenis makanan sebagai sumber pengatur umumnya terdapat pada sayur-sayuran dan buah. Sedangkan kebutuhan jenis makanan sebagai sumber pembangun dapat dipenuhi dari jenis makanan yang berbau hewani maupun kacang-kacangan.

Namun untuk memperoleh kebutuhan gizi secara maksimal, maka sebaiknya kita mencari menu makanan yang lebih variatif. Sehingga tubuh kita dapat terpenuhi dari berbagai macam sumber makanan sehat. Hindari pula untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat yang umumnya sering dijajakan di kaki lima. Kepedulian masyarakat terhadap makanan sehat masih rendah, banyak kita lihat mereka makan dengan enak di tepian jalan walaupun bercampur dengan debu ataupun sering kita lihat di mall bagaimana masyarakat sangat antusias terhadap makanan cepat saji jenis junk food, burger, maupun pizza yang dibilang sebagai makanan modern namun dibalik itu semua dapat merugikan tubuh. Pilihlah menu makanan sehat yang akan membawa kebaikan pada hidup dan mampu meningkatkan kekuatan kita dalam beraktivitas.

LINK to WATCH THE GAME

 
© Copyright Berani Baca 2010 -2013 [La Liga Spain]
Footstrim - Digitalaser - Blue Moon - Olaguide - Greek Says - Eagle Home - Kanhoorx - Love Goal - Hot Goal - Witchygodmother - Modernorthoprax