Live Highlights :

Informasi Seputar Instalasi Listrik

Rabu, 03 Oktober 2012

Saat ini listrik sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan masyarakat dunia. Namun terkadang kelalaian pelanggan terhadap keselamatan penggunaan listrik dapat berakibat berbahaya. Sering kita dengar melalui berita-berita di radio maupun televisi banyak tempat mengalami kebakaran karena terjadi konsleting listrik akibat kelalaian pemilik menghiraukan kondisi kabel yang terkelupas.

Meskipun menjadi kebutuhan harian masyarakat, namun pengetahuan akan penggunaan listrik yang baik dan benar masih dirasa awam serta lebih banyak orang yang menyepelekannya. Permasalahan listrik bukan sekedar soal input aliran, namun juga harus memperhatikan soal output aliran. Anda harus mengenali pernak-pernik masalah kelistrikan seperti bahan kabel, bahan alat-alat listrik, maupun permasalahan yang berhubungan dengan arus listrik. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan terkait instalasi listrik yang ada di rumah agar memperoleh ketenangan dan keamanan.

1. Stop Kontak
Anda harus memperhatikan jarak ideal stop kontak dari permukaan lantai, berkisar 1-2 meter. Jangan memberi beban yang berlebihan pada stop kontak, maksimal satu T-steker terdiri dari 4 cabang. Apabila beban terlalu berat dapat membuat kabel yang tehubung pada stop kontak tertarik dan putus sehingga dapat berakibat arus pendek.

2. Kabel
Kondisi kabel juga harus diperhartikan baik ukuran tembaga maupun karet pelapis. Jangan sembarangan dalam membeli kabel, karena harus disesuaikan dengan daya listrik. Kabel listrik permanen yang terdapat di dalam rumah minimal terdiri dari tembaga dan isolator PVC dengan ukuran sekurang-kurangnya 2,5 mm persegi, serta tidak boleh dialiri listrik berkekuatan tinggi, maksimal 10 A. Apabila arus listrik termasuk dalam kategori berkekuatan tinggi antara 10-16A, pergunakan kabel berpenampang 4 mm persegi.

3. Hujan dan kebocoran
Apabila kondisi hujan disarankan untuk tidak memperbaiki instalasi listrik mengingat air merupakan salah satu penghantar listrik yang baik sehingga dapat berakibat konsleting atau arus pendek. Selain itu hindari pula perbaikan disaat terjadi kilat maupun petir.

4. Rutin pengecekan
Percayakan pengecekan kepada petugas atau biro yang ahli dalam perbaikan instalasi listrik. Apabila suatu hari terjadi kerusakan, maka Anda bisa menggunakan jasa mereka untuk memperbaikinya.

LINK to WATCH THE GAME

 
© Copyright Berani Baca 2010 -2013 [La Liga Spain]
Footstrim - Digitalaser - Blue Moon - Olaguide - Greek Says - Eagle Home - Kanhoorx - Love Goal - Hot Goal - Witchygodmother - Modernorthoprax