Live Highlights :

Melengkapi Rumah dengan Sistem Pemadam Kebaran

Minggu, 30 September 2012

Pemadam Kebakaran
Pemadam Kebakaran
Kebakaran merupakan tragedi yang sangat memilukan, karena mampu memberanguskan seluruh harta dan terkadang pula jiwa. Biasanya kebakaran terjadi dalam tempo yang sangat cepat sedangkan penyelamatannya relatif lebih lambat. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya tindakan pencegahan agar tidak terjadi lagi kejadian serupa.

Untuk itu perlu bagi Anda memasang alat pendeteksi dan pemadam kebaran di rumah agar memiliki waktu longgar untuk menyelamatkan diri maupun dokumen-dokumen penting. Dengan adanya alat pemadam kebaran di rumah, maka Anda bisa mencegah kobaran api yang semakin besar ataupun memadamkannya. 

Terdapat dua cara untuk memasang sistem ini yaitu pertama Anda bisa menempatkan alat pemadam kebakaran di tempat-tempat khusus. Kedua, memasang sistem pemadam yang terintegrasi dengan alat detektor asap seperti yang dipasang di gedung perkantoran dan water sprinkle untuk mengeluarkan air secara otomatis. Cara yang kedua lebih aman tetapi menghabiskan biaya karena membutuhkan peralatan yang lebih canggih.

Cara kedua membuat lebih tenang penghuni rumah. Detektor asap akan berbunyi ketika ada indikasi asap di dalam rumah, sehingga Anda masih mempunyai waktu untuk menyelamatkan diri dan isi rumah. Selain itu, penggunaan water sprinkle akan memudahkan penghuni rumah untuk memadamkan api, alat ini akan menyemprotkan air secara otomatis ketika suhu rungan telah mencapai 55-80 derajat celcius. Anda tidak perlu bersusah payah untuk berjibaku dengan api, sehingga terhindar pula dari resiko terkena api atau terbakar.

Namun untuk memasang water sprinkle Anda harus merogoh kocek agak dalam, karena pemasangan alat ini cukup rumit. Berbeda dengan alat detektor asap yang harganya lebih terjangkau. Usahakan di setiap rumah memasang alat pendeteksi ini, agar bisa mengantisipasi lebih dini terjadinya kebakaran di dalam rumah. Tempatkanlah detektor di setiap kamar dan utamakan di dapur karena tempat ini lebih rentan kebakaran. Namun, pemasangan jangan di dalam dapur untuk menghindari bunyi alarm palsu, karena sifatnya yang sensitif terhadap panas. Posisikan alarm agak sedikit di luar dapur.

Penting pula bagi Anda untuk memilih fire extinguisher (racun api), namun pengoperasiannya harus terlatih agar tidak membahayakan diri sendiri. Tempatkan alat ini di seluruh ruangan supaya mudah diraih serta selalu di periksa agar alat tidak macet ketika dibutuhkan.

Langkah terakhir, simpanlah nomor petugas pemadam kebaran apabila api berkobar sudah terlalu besar dan Anda tidak bisa menjinakannya. Hubungi petugas di nomor 113.

LINK to WATCH THE GAME

 
© Copyright Berani Baca 2010 -2013 [La Liga Spain]
Footstrim - Digitalaser - Blue Moon - Olaguide - Greek Says - Eagle Home - Kanhoorx - Love Goal - Hot Goal - Witchygodmother - Modernorthoprax