Live Highlights :

Kelainan dan Gangguan pada Tulang

Kamis, 11 Oktober 2012

Pelajaran ini pernah kita peroleh ketika duduk di bangku sekolah. Layaknya organ tubuh lainnya, tulang juga memiliki kelainan atau gangguan. Banyak penyebab gangguan maupun kelainan pada tulang seperti gaya hidup, bawaan, ataupun kebiasaan.

1. Kelainan dan Gangguan pada Tulang
Beberapa kelainan yang terjadi pada tulang antara lain:

a. Kekurangan Vitamin D (Rakitis)
Tubuh manusia membutuhkan vitamin D untuk mengeraskan kalsium pada tulang ketika masa pertumbuhan. Vitamin D dalam tubuh dihasilkan dari provitamin D, dimana agar proses pembentukan vitamin D lebih maksimal, maka harus dibantu dengan sinar matahari. Oleh karena itu, banyak kasus anak-anak kekurangan vitamin D karena jarang terkena sinar matahari, sehingga berakibat pada pertumbuhan tulang yang terhambat. Kondisi tersebut biasanya tampak pada kedua kaki penderita yang membentuk O atau X.

Rakitis
b. Osteoporosis
Osteoporosis merupakan kondisi tulang yang mengalami keropos dikarenakan kekurangan hormon yang membantu pengerasan kalsium. Kekurangan kandungan kalsium pada makanan keseharian dapat berakibat pula pada lemahnya struktur tulang.

Osteoporosis
 c. Mikrosefalus
Mikrosefalus tampak pada bentuk kepala bayi yang kurang proporsional. Biasanya ukuran kepala lebih kecil dari kondisi normal. Keadaan ibu hamil yang kurang mengkonsumsi kalsium dapat berakibat pada pembentukan tengkorak bayi yang tidak sempurna.

Mikrosefalus
 d.  Fraktura (Patah Tulang)
Patah tulang terdapat beberapa jenis, yakni:
- Patah tulang terbuka dimana tulang keluar merobek kulit;
- Patah tulang tertutup dimana tulang patah tidak merobek kulit.

Patah tulang lebih sering terjadi karena kecelakaan.

e. Terkilir
Terkilir disebabkan oleh ligamen yang terdapat pada persendian tertarik ketika melakukan gerakan. Ligamen berfungsi sebagai bungkus persendian, oleh karena itu ketika ligamen sobek dapat mengakibatkan pergeseran sendi.

f. Gangguan tulang belakang
Gangguan tulang belakang disebabkan kebiasaan duduk atau tidur yang salah. Sehingga posisi tulang belakang tidak tegak sebagaimana mestinya. Ada tiga jenis gangguan tulang belakang, yakni:
- Lordosis, apabila tulang pada leher dan panggul menjorok ke bagian depan;
- Kifosis, apabila tulang panggul dan punggung membungkuk ke belakang;
- Skoliosis, apabila tulang punggung bengkok ke samping layaknya huruf S.

Gangguan tulang belakang
Gangguan tulang belakang
g. Artritis
 Artritis merupakan kelainan pada sendi-sendi tulang. Terdapat berbagai macam artritis, yakni:
- Artritis gout karena timbunan asam urat pada persendian;
- Osteoartritis karena lapisan tulang rawan pada ujung tulang yang semakin menipis;
- Artritis eksudatif karena infeksi kuman yang berakibat pada peradangan sendi tulang;
- Artritis sikka karena kekurangan cairan sinovial.

2. Perawatan Kesehatan Tulang
Penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan tulang yang merupakan penopang tubuh. Kita harus secara intensif menjaganya agar tidak terkena penyakit yang bisa mengakibatkan gangguan atau kelaianan pada tulang. Hal-hal yang bisa kita tempuh yakni:
- Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium;
- Olahraga secara teratur;
- Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, serta sering berjemur di pagi hari agar pembentukan provitamin D pada tubuh kita lebih maksimal.

LINK to WATCH THE GAME

 
© Copyright Berani Baca 2010 -2013 [La Liga Spain]
Footstrim - Digitalaser - Blue Moon - Olaguide - Greek Says - Eagle Home - Kanhoorx - Love Goal - Hot Goal - Witchygodmother - Modernorthoprax