Live Highlights :

Penyebab dan Gejala Kanker Tulang

Rabu, 10 Oktober 2012

Tulang merupakan organ yang sangat penting untuk menopang tubuh agar tetap tegak dan berbentuk. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 206 tulang yang menopang tubuh kita sejak lahir. Disaat kita lahir, jumlah tulang yang ada di dalam tubuh sebanyak 270, akan tetapi dengan bertambahnya umur beberapa tulang melebur menjadi satu sehingga jumlahnya berkurang. Tulang menjadi bagian penting pada tubuh kita karena berfungsi pula untuk melindungi organ-organ penting lainnya seperti jantung dan paru-paru.

Tulang menjadi tempat pembuatan sel darah merah maupun sel darah putih. Selain itu, ditempat ini pula diproduksi berbagai mineral yang diperlukan oleh tubuh kita. Layaknya organ tubuh yang lain, tulang sangat rentan terserang kanker. Kanker tulang dapat menyerang tulang pada bagian tubuh manapun. Namun biasanya penyakit ganas ini lebih sering menginfeksi tulang panjang seperti bagian kaki atau tangan.

Terdapat gejala-gejala kanker tulang yang harus diperhatikan oleh setiap individu agar kita lebih berhati-hati dan mampu mengantisipasi lebih dini:
1. Berat badan mendadak berkurang;
2. Tulang terasa lemah dan nyeri, serta memungkinkan terjadi kelumpuhan;
3. Bengkak pada bagian yang terinfeksi;

Penyebab kanker tulang masih menjadi polemik di dunia kedokteran. Namun berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa penyakit ini disebabkan karena adanya kelainan pada DNA penderita. Kelainan ini berakibat tulang berkembang secara tak terkendali. Dengan mutasi sel yang semakin tak terkendali menyebabkan tulang disekitar wilayah yang terinfeksi dan bagian tubuh lainnya ikut terkena.

Kanker tulang terbagi dalam dua jenis, yaitu kanker tulang primer dan sekunder (metastatic).
1. Kanker tulang primer yaitu kanker yang sumber infeksinya berasal dari dalam tulang itu sendiri dimana adanya kelainan sel atau mutasi sel yang tak terkendali. Jenis kanker tulang primer misalnya linfoma tulang maligna, osteosarkoma, fobrosarkoma, dan chondrosarkoma.
2. Kanker tulang sekunder yaitu kanker tulang yang disebabkan karena adanya kanker lain di dalam tubuh. Ketika terdapat penyakit kanker di dalam tubuh, maka organ lainnya akan sangat rentan untuk terserang. Kanker pada hati dan payudara lebih sering menjadi penyebab infeksi kanker tulang.
Jenis kanker tulang yang sering menyerang yaitu osteosarkoma, chondrosarkoma, dan ewing sarkoma.
1. Osteosarkoma
Kanker tulang ini lebih sering menyerang kaum laki-laki yang berusia antara 10 s.d. 25 tahun. Penyebabnya diduga karena unsur genetik. Biasanya kanker osteosarkoma menginfeksi tulang paha, lengan atas, atau tulang kering.

2. Chondrosarkoma
Pada umunya kanker chondrosarkoma menyerang tulang rawan dan sel kartilago pada individu yang berusia lebih dari 50 tahun. Chondrosarkoma memiliki agresifitas infeksi yang tidak secepat osteosarkoma, serta bisa disembuhkan dengan proses pembedahan.

3. Ewing Sarkoma
Bagi anak-anak berusia di bawah 10 tahun, hati-hati akan serangan kanker ewing sarkoma. Ketika sudah mengidap kanker jenis ini, maka infeksi akan sangat mudah menyerang organ-organ tubuh lainnya seperti paru-paru, hati, dll.

LINK to WATCH THE GAME

 
© Copyright Berani Baca 2010 -2013 [La Liga Spain]
Footstrim - Digitalaser - Blue Moon - Olaguide - Greek Says - Eagle Home - Kanhoorx - Love Goal - Hot Goal - Witchygodmother - Modernorthoprax